Home » Profil Pimpinan

Profil Pimpinan

Direktur Program Pascasarjana Unsyiah

Prof. Dr. Hizir Sofyan adalah Direktur Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia. Beliau adalah Guru Besar Jurusan Statistika, Universitas Syiah Kuala dan juga merupakan ketua dari International Statistical Institute (ISI) Outreach Committee on South East Asia. Memperoleh gelar Sarjana Statistik dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Indonesia pada tahun 1992 dan gelar doktor di Institut Statistik dan Ekonometrika, Sekolah Bisnis dan Ekonomi, Humboldt-Universitat zu Berlin, Jerman pada tahun 2003. Pembimbing beliau adalah Prof. Wolfgang Haerdle (Departemen Statistik, Humboldt Universitaet zu Berlin) dan Prof. Oliver Guenther (Presiden Universitas Potsdam).

Asisten Direktur I Program Pascasarjana Unsyiah

Prof. Dr. Syahrun Nur Madjid adalah Dosen senior bidang Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala. Beliau memperoleh gelar sarjana pada tahun 1993 di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Tahun 1999 Beliau mendapatkan gelar Master di Universitas Indonesia kemudian ditahun 2004 beliau meraih gelar Ph.D di University of Fukui Japan.

Beliau telah berpengalaman dalam Manajemen Pendidikan Tinggi, khususnya dalam Penjaminan Mutu Internal (IQA). Beliau terlibat aktif dalam Dewan Jaminan Mutu Universitas Syiah Kuala sejak 2008-2018, dan selama itu beliau aktif dalam pelatihan QA, seperti ASEAN-QA, ASEAN-QA2, PengembanganKurikulum, Audit Internal, dll. Saat ini, beliau menjabat sebagai Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan pada Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala

Asisten Direktur II Program Pascasarjana Unsyiah

Asisten Direktur Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Dr. Ir. Darmadi, M.T. Dr. Ir. Darmadi, M.T.ada salah seorang dosen di Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala sejak 1993 – sekarang. Beliau menyelesaikan sekolah dasar pada tahun 1979, kemudian melanjutkan SMP di Padang tiji 1982. Pada tahun 1985 menyelesaikan SMA, Tahun 1991 beliaumendapatkan Gelar Sarjana Teknik Kimia di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh pada. Kemudian tahun 2002 beliau menyelesaikan studi master di Universitas Gadjah Mada di Yogyakara. Pada Tahun 2010 beliau meraih gelar doktor di bidang pemodelan dan proses pemisahan di Universiti Putra Malaysia, Malaysia. Tahun 2012 – 2016 menjabat sebagai Sekretaris di Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Unsyiah dan pada Tahun 2016 dipercaya sebagai ketua Jurusan Teknik Kimia, Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh. Saat ini, beliau menjabat sebagai Wakil Direktur Bidang Administrasi Umum dan Keuangan pada Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala.

Tugas dan Wewenang

Direktur

  • ​Direktur PPs Unsyiah berwewenang dan bertanggung jawab mengkoordinasikan penyelenggaraan program-program studi dalam lingkungan PPs Unsyiah
  • Untuk kelancaran pelaksanaan tugas-tugas tersebut, Direktur dibantu oleh Wakil Direktur I, Wakil Direktur II, Kasubbag TU dan Satuan Penjaminan Mutu.
  • Dalam memanfaatkan tenaga pengajar dan fasilitas yang berada pada masing-masing fakultas di lingkungan Universitas Syiah Kuala, Direktur berkoordinasi dengan masing-masing Pimpinan Fakultas.
  • Direktur PPs Unsyiah bertanggung jawab kepada Rektor.

Wakil Direktur I (Wadir)

  • Wadir I bertugas membantu dan bertanggung jawab kepada Direktur untuk koordinasi kegiatan akademik, kemahasiswaan dan alumni.
  • Kegiatan tersebut mencakup pelayanan kepada mahasiswa, beasiswa, rekruitmen mahasiswa baru, kegiatan ekstra kurikuler, data-base mahasiswa dan alumni serta kegiatan lain yang berhubungan dengan peningkatan peran serta mahasiswa dalam upaya peningkatan mutu PPS, serta membantu dalam upaya peningkatan pelayanan mahasiswa.

Wakil Direktur II (Wadir II)

  • Bertugas membantu dan bertanggung jawab kepada Direktur untuk koordinasi kegiatan administrasi umum dan keuangan.
  • Kegiatan di atas mencakup sistem keuangan, pelayanan administrasi umum, pemeliharaan dan perawatan fasilitas kantor/pembelajaran program studi di lingkungan Program Pascasarjana.